Resensi Novel



Judul : The Historian
Pengarang : Elizabeth Kostova
Tahun : 2005
Penerbit : Little, Brown and Company, New York
(Hak Ijin Terbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2007)
Halaman : 642 halaman

Sinopsis:
Suatu malam, di perpustakaan ayahnya, seorang wanita muda menemukan sebuah buku kuno dan sekumpulan surat yang sudah menguning. Semua dokumen itu mengantarkannya ke kekuatan paling kelam yang pernah dikenal umat manusia-dan perburuan berabad-abad untuk menemukan sumber kegelapan itu serta memusnahkannya: perburuan Vlad si Penyula, yang lebih dikenal dengan nama Dracula.Perpustakaan berdebu universitas-universitas ternama di Amerika Serikat, Istanbul, Budapest, dan pedalaman Eropa Timur pun ditelusuri demi mengumpulkan petunjuk. Hingga akhirnya muncul pertanyaan mengerikan: mungkinkah Dracula masih hidup?Lokasi-lokasi yang eksotis, sejarah yang memikat, warisan keluarga, dan cinta si haus darah: sulit membayangkan para pembaca tidak akan terpikat juga.

Pengolahan plot yang dilakukan Kostova dengan ahli dan antusiasmenya yang menggebu-gebu tentang topiknya menjadikan buku ini sangat memuaskan (Publishers Weekly)

Kostova dengan lihai menggabungkan fakta, fiksi, dan sejarah...(Guardian)


Keunggulan:
Buku yang setebal 642 halaman ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama bersetting tahun 1930-an, tentang Profesor Rossi sang dosen sejarah. Bagian kedua bersetting tahun 1950-an, dengan tokoh Paul (murid sang profesor dan ayah si gadis). Bagian ketiga pada tahun 1972, tokohnya gadis Amerika berumur enam belas tahun yang sampai akhir cerita tidak pernah disebutkan namanya. Dengan lihai, Elizabeth Kostova membawa kita ke puncak buku ini, ketika ketiga bagian tersebut akhirnya bertemu. Dan apakah Dracula sebetulnya masih hidup atau hanya sekedar legenda? Pertanyaan yang sudah muncul dari awal kita membaca novel ini, akan membuat kita semakin penasaran dan susah berhenti untuk terus membaca kelanjutannya. Ditambah dengan plot-plot yang menarik, fiksi yang berhati-hati dan penuh riset, dan sejarah yang menambah pengetahuan kita, tentunya akan sangat memuaskan para pembacanya.

Kelemahan:
Satu kelemahan buku ini adalah penutupnya. Dimana dari awal sampai pertengahan menuju akhir alur ceritanya sudah sangat bagus. Semua detail-detail baik fiksi maupun fakta yang dimasukkan dapat menjaga konsentrasi akan buku ini. Cerita perjalanan dari masing-masing tokoh yang begitu penuh tantangan, menambah ketegangan dipertengahan novel ini. Tapi rupanya ketegangan itu harus berhenti sebelum akhir cerita. Proses pencarian yang begitu berbelit sejak awal harus diakhiri dengan anti klimaks di akhir cerita. Penyelesaian berjalan terlalu mudah bagi seorang tokoh yang begitu berkuasa selama ratusan tahun, begitu kejam, tetapi diakhiri dengan begitu mudah.

0 comments: